BERITA

Selasa, 17 September 2019 - 14:16 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Serma Marjani Mampu Membangun Mimpi Anak Bumi Wali

Tuban – Mentari mulai menampakkan sinar terangnya di ufuk timur, menyambut semangat siswa-siswi di SDN Cingklung kecamatan Bancar, Kab.Tuban dalam meraih cita-citanya.

Sabtu (14/9), Kelas Inspirasi Tuban kembali menggelar acara tahunannya untuk yang keempat kali. Kelas Inspirasi Tuban yang menyongsong tema “Bangun Mimpi Anak Bumi Wali” kali ini memfokuskan zona inspirasinya di Kecamatan Bancar, Tuban. Sebanyak 10 sekolah menjadi tujuan zona inspirasi. Salah satunya SDN Cingklung, Selasa (17/9/2019).

12 relawan yang terdiri dari 2 fasilitator, 4 relawan dokumentator dan 6 relawan pengajar dari berbagai latar belakang profesi turun tangan untuk menginspirasi siswa-siswi SDN Cingklung. Memberikan informasi mengenai berbagai pekerjaan para relawan. TNI-AD, perawat, karyawan swasta, penulis, accounting, dosen, pengusaha dan teknisi listrik.

Tak hanya menginformasi pekerjaan namun juga mengedukasi siswa-siswi tentang pentingnya menempuh pendidikan dan meraih cita-cita setinggi-tingginya. Hal ini selaras dengan tujuan dari Kelas Inspirasi itu sendiri, yakni ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia.

Pelaksanaan Kelas Inspirasi Tuban 4 di SDN Cingklung diawali dengan upacara pembukaan Kelas Inspirasi. Petugas upacara yang berasal dari siswa-siswa kelas 4 dan 5 terlihat gagah dan berwibawa dalam balutan seragam putih-putih petugas upacara.

Dalam upacara tersebut, Serma Marjani, S.E. M.M., anggota TNI dari satuan Kodim 0811 Tuban selaku perwakilan para relawan turut memberikan sambutannya. Seusai upacara, dilanjut dengan pengenalan relawan Rombel SDN Cingklung dan senam bersama.

Para relawan memandu siswa-siswi untuk melaksanakan senam baby shark dan chicken dance. Senyuman semangat menghiasi wajah, bersiap menyerap ilmu yang diberikan kakak-kakak relawan pengajar.

Dalam sambutannya Serma Marjani, S.E. M.M., mengatakan Sekitar pukul 08.00 WIB, para relawan mengajak siswa-siswi untuk masuk ke kelas masing-masing dan memulai sesi belajar mengajar. Terdapat 4 sesi pengajaran dengan sistem rolling pengajar. Tak hanya belajar, para relawan juga mengajak siswa bermain dengan permainan edukasi dan berbagai ice breaking.

“Dengan cara seperti inilah siswa-siswi akan merasa nyaman dan lebih mudah menyerap informasi yang didapat,”Ucap Marjani.

Ditambahkannya, tiba di penghujung sesi keempat, siswa-siswi SDN Cingklung diajak untuk menuliskan cita-cita pada headpiece dan menempelkannya di banner ‘Pantai Cita-cita’. Selain itu mereka juga diajak membuat pesawat kertas yang diterbangkan pada sesi penutupan Kelas Inspirasi Tuban 4. Penerbangan pesawat kertas sebagai simbol cita-cita mulia para siswa ikut diterbangkan setinggi-tingginya.

Hari inspirasi yang hanya digelar satu hari tersebut diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi para relawan, sekolah, guru maupun siswa-siswi SD di zona inspirasi. Turut berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Walau hanya satu hari, namun selamanya akan membekas di hati para siswa. Seperti motto Kelas Inspirasi, “Sehari cuti, selamanya menginspirasi”.(pendim0811)

Artikel ini telah dibaca 104 kali

Baca Lainnya