BERITA

Selasa, 24 September 2019 - 12:09 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Tanamkan Cinta NKRI, Danramil Singgahan Beri Wasbang Mahasiswa Poltana Mapena

Tuban – Danramil 0811/16 Singgahan Kapten Arm Hendri Prihantono memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan kepada Mahasiswa Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena, di desa Laju lor Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Selasa (24/09/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka orientasi studi pengenalan kampus Mahasiswa Baru Poltana Mapena Singgahan Tahun Akademik 2019/2020, dengan tema ” Sistem Pertahanan Negara Non Militer”.

Dalam paparannya, Danramil menjelaskan mengenai kondisi Indonesia sebagai sebuah negara yang kaya sumber daya alam dan beragam suku, agama, ras dan etnis.

Namun, saat ini indonesia dalam ancaman yang sangat besar, bukan dari ancaman militer tapi ancaman nonmiliter.

“Ancaman militer sangat kecil, tapi ancaman nonmiliter ini yang sangat besar, dan sudah ada di depan mata,” terangnya.

Dimensi ancaman nonmiliter yang menjadi pokok persoalan yang disampaikan kepada para mahasiswa. Diantaranya, ancaman ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, keselamatan umum, teknologi dan ancaman legislasi.

Pada kesempatan itu pula, Kapten Hendri juga mengajak para mahasiswa untuk mewaspadai dampak negatif era globalisasi ini.

Terutama pada paham dan ideologi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

” Waspadai pengaruh paham-paham yang bisa merusak persaudaraan dan silaturahmi antar sesama manusia,” tegasnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan respon sangat baik dari pihak kampus. Pihak kampus berharap, melalui materi yang disampaikan kepada para mahasiswa agar nantinya akan memiliki rasa kecintaan yang lebih terhadap bangsa dan negara. (Pen Tuban)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya